Tentunya sudah tidak asing lagi nih sama yang namanya Sistem Periodik Unsur. Tapi tahukah kalian siapakah sesungguhnya penemu Sistem periodik Unsur? Yap, dialah Dmitri Mendeleev.

Dmitri Mendeleev lahir pada Februari 1834 di sebuah desa dekat Tobolsk di Siberia dan diyakini sebagai anak bungsu dari 17 bersaudara, meski angka itu belum pasti.

Pada usia 16 tahun, Dmitri muda pindah ke Saint Petersburg di mana dia dilatih untuk menjadi seorang guru.

Mendeleev tertarik untuk merumuskan unsur-unsur kimia yang diketahui menjadi sistem yang dapat diidentifikasi dan dia bukan satu-satunya.

Pada saat ini, ahli kimia lain mulai menyusun dasar-dasar tabel periodik yang akan mengelompokkan unsur-unsur kimia dengan sifat serupa.

Pendahulu Mendeleev termasuk John Newlines yang membuat daftar elemen dalam aransemen delapan, yang disamakannya dengan oktaf dalam musik.

Struktur alternatifnya adalah tabel periodik Otto Benfey pada tahun 1960, yang mencantumkan unsur-unsur dalam spiral kontinu.

Pada tahun 1867, Mendeleev menulis dua volume definitif Principles of Chemistry yang akan memberinya terobosan dalam mengatur tabel periodik.

Idenya adalah memberikan ruang bagi elemen-elemen yang belum ditemukan.

Dia mengatur unsur-unsur dalam urutan peningkatan massa atom relatif dalam kolom vertikal untuk menunjukkan tren periodik.

Dan dengan melakukan ini, dia bahkan dapat memprediksi beberapa celah yang nantinya akan dikonfirmasi.

Dia melakukan ini dengan menghitung massa atom dari elemen yang hilang, yang akan dia gunakan untuk memperkirakan bagaimana mereka akan berperilaku.

Salah satu contoh keberhasilan ini adalah elemen yang belum ditemukan, yang kemudian disebut galium, yang akhirnya mendekati prediksinya tentang bagaimana ia akan berperilaku.

Dia bahkan menukar beberapa urutan elemen jika mereka lebih cocok dengan propertinya.

Tata letak baris awalnya diubah menjadi kolom pada tahun 1871, menguraikan keadaan oksidasi elemen dan pada tahun 1930-an, idenya digunakan dalam buku teks ilmiah.

  1. Dmitri Mendeleev paling sering disebut sebagai penemu tabel periodik modern. Kenyataannya, tabel Mendeleev adalah yang pertama kali mendapatkan kredibilitas ilmiah. Sebelum Mendeleev telah terdapat tabel lain yang berusaha mengelompokkan unsur kimia menurut sifat periodiknya.
  2. Terdapat 90 unsur pada tabel periodik yang terbentuk secara alami di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur-unsur buatan manusia.
  3. Technetium adalah unsur pertama yang dibuat secara artifisial.
  4. International Union of Pure Applied Chemistry, IUPAC, merevisi tabel periodik seiring tersedianya data baru.
  5. Sebagian besar unsur pada tabel periodik adalah logam. Logam alkali, alkali tanah, logam dasar, logam transisi, lantanida dan aktinida semua merupakan kelompok logam.

By qsc